4/4 (Last) Cerita KKN


Dan.. emang waktu terasa berlalu sangat cepat. Kita memasuki 10 hari terakhir di Desa Sungai Tohor, tempat kami kkn. Banyak drama terjadi, dikejar target “jam kerja”, dan yang pasti ngerasa sedih bakal ninggalin tempat ini.

Waktu itu kelompok kami orang2nya sibuk sendiri2 dengan programnya, program bareng2 maupun program individu yg belum selesai. Hari-hari terakhir hampir sepanjang waktu aku selalu bareng adit n mutia, karena emang program perpustakaan kami belum kelar.  Sebenernya awal2 program perpustakaan itu sama semua anak soshum (cindi,ican,putri,ulfa), tapi karna yang lain di akhir2 sibuk sama program lain jadinya tinggal sisa kita bertiga wkwk.

3 hari terakhir disana, aku adit n mutia sepakat tiap sore kita bakalan ke pelabuhan buat menikmati hari2 terakhir dan ngilangin penat setelah kelar dari perpustakaan. Dan ternyata emang hari2 terakhir itu setiap orang2 di tim kkn kami punya cara2 sendiri buat nikmatinnya, kalo kita ke pelabuhan, yang lain ada yang sekedar keliling desa, jajan di warung kak rini,duduk2 di depan pondokan, sampai ada yang masih kejar target program wkwk.

3 hari tiap sore berturut-turut ke pelabuhan, sekedar duduk nikmatin angin laut sambil nunggu matahari tenggelam. Flashback 2 sebelumnya (12 Juni 2017) aku turun dari kapal di pelabuhan ini dengan rasa asing belum kenal siapa2 di pulau ini dan 3 hari lagi aku bakalan pulang membawa banyak kenangan yang tak terlupakan. Sumpah kalo inget2 itu sedih banget rasanyaaa pengen ngulang lagi wkwkw.

Tinggal 2 hari aku disana, tiba2 si Yendra n Lia (mereka salah dua dari anak2 yang udah deket bangett) ngasih aku semacam surat perpisahan yang bikin aku tambah berasa sedih2 gitu wkwkw. Khususnya Yendra, tiba2 aku keinget pertama kali ketemu dia itu di sanggar seni..dia sosok anak kelas 6 yang gendut dan item wkwk waktu itu rambutnya agak panjang mungkin karna libur sekolah jadi dia pake bando item kecil di kepala, dia lewat di depanku terus iseng aja kuambil bando dari kepalanya terus dia mau ambil bandonya dari aku tapi kuangkat2 terus bandonya. Terus kutanya namanya siapa,dia jawab "Yendra" trus dia tanya kakak namanya siapa,kujawab "Hanifah". Ya sesimpel itu cara kita deket, dan besoknya dia mulai main ke pondokan cewe tiba2 tanya "kak hanifah mana" terus dia ke belakang nemuin aku di dapur waktu itu lagi masak dan dia duduk aja gitu di kursi dapur nungguin aku selesai masak. Abis itu besoknya aku ngajar di SD dia, aku masuk kelas 6 dan disitu ada Yendra,dia yang ngerasa udah kenal aku duluan sumpah jadi caper banget di kelas wkwk. Setelah kelar kelas dia selalu ikut aku ke perpus desa, dari yang bantuin sampe Cuma ngerecokin aja wwkw. Gitu teruss sampe akhir dia tiap hari selalu sama aku sampe hari terakhir disana, jadi pas di akhir2 anak kecil yang paling berat kutinggalin ya dia wkwk L.

Akhirnya sampailah kita pada malam perpisahan, tempatnya di lapangan di depan sanggar seni. Disitu kami bikin semacam pentas kecil2an sekalian perpisahan ngundang seluruh warga desa. Dan ternyata mereka antusias banget sampe kursi yang disediain ngga cukup, sampe pada berdiri padahal acara sampe malem dan besoknya bukan hari libur. Di akhir2 acara kami muterin video singkat selama kami disana, abis itu kami semua ber28 maju ke panggung dan nyanyi lagu “Tentang Kita”-nya Peterpan. Semua lampu mati Cuma kami ber28 pegang lilin satu2. Terus mataku tertuju ke bawah panggung tiba2 si Yendra jalan ke tengah di sebrang panggung ngevideo-in kami pake hp dan tiba2 dia nangis pertama (wkwk lucu kalo keinget) padahal anak2 kecil yang belum ada yg nangis. Waktu tengah2 lagu aku udah yang bilang dalam hati “jangan nangis,jangan nangis” dan ujungnya gabisa nahan,aku nangisss. Dan ngga cuma aku, semuanya nangis sampe aku denger yg cowok aja ada yg sampe sesenggukan wkwk. Selesai nyanyi, lampu nyala dan aku liat ke arah anak2 kecil sama warga banyak banget yang nangis L wkwkw. Turun panggung orang pertama yang kupeluk itu si Yendra, terus kita sama2 nangis wkwk drama banget kalo inget L.

Setelah itu kami ber28 berdiri berjejeran satu2, terus semua warga nyalamin kita satu2 dan itu jadi salah satu moment yang paling emosional sih wkwk kita salaman, pelukan satu2 sambil sama2 bilang makasih. Sungguh malam yang tak terlupakan.

3 Agustus 2017, jam 11 siang kalo gasalah kami semua ke pelabuhan. Dan disana udah rame warga yang mau ngasih salam ke kami buat terakhir kalinya. Sumpah rame banget, udah kayak satu desa kesitu semua. Murid2 yang sekolah pada diizinin buat ke pelabuhan nganter kami. Disitu ada Yendra yg udah bergaya sok cuek gitu biar ngga nangis lagi wkwk. Setelah kita salam2an dan peluk2an sambil nangis (lagi)..yaaa semua dari kami dan warga nangis sesenggukan wkwk, satu persatu kita naik kapal dan waktu kapal udah jalan ngejauh..kami liat mereka masih melambaikan tangan mereka,kami pun begitu. 
Dan dengan dikomandoin Ridho (ketua kami), kami berdiri dan teriak “TERIMAKASIH TOHORRR” dari jauh dan mereka semua senyum sambil tetap melambaikan tangan sampai kami tak terlihat lagi dari lautan. Di kapal pun kami semua diam dan nangis sendiri2 wkwk sampe akhirnya air mata kami udah kering dan harus menyadari ini memang waktunya kami untuk pulang dan melanjutkan hidup (ceilahh wkwkw). Setelah naik kapal, kami lanjut naik bis ke Pekanbaru. Diatas bis, tiba2 ada telfon pertama masuk, dan ternyata dari Yendra..dia nelfon sambil nangis wkwkw. Abis itu gantian si Adhan yang telfon (kalo dia jaim2) makanya kalo telfon isinya cuma bercandaan. Dan sejak hari itulah sampe aku nulis cerita keempat ini (bulan Mei 2018), ngga cuma aku...tapi hampir semua dari kami masih selalu berhubungan sama mereka entah lewat telfon atau whatsapp, sekalinya mereka videocall agak susah karna sinyal wkwkwk.

Waaaaa terimakasih buat kenangan yang tak terlupakan.


Ngga nyangka KKN-ku se-berkesan ini.


Mereka selalu nanya “kakak kapan kesini lagi?” dan selalu kujawab “kalo kakak udah lulus trus udah kerja yaaaaa”

…..dan jawabanku itu bukan sekedar formalitas, itu memang doaku agar suatu saat nanti bisa main ke tanah mereka lagi..

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Akuntansi Sektor Publik?Akuntansi Pemerintahan?

Sistem Penganggaran yang diterapkan di Indonesia