3/4 Cerita KKN

Yaa,awal2 disana aku masih adaptasi dan masih ngerasa belum "betah"
Masih suka ngeluh karena disana panas banget,mau kipas anginan juga gakbisa karna listriknya nyala jam 6 sore-12 malem doang,susah sinyal jadi gakbisa nyampah di instagram,dan yang paling bikin gabetah adalah susah air banget wkwk ohh iya satu lagi, pastinya bikin tambah gosong bangett ni kulit wkwk 😂

Tapi berjalannya waktu semua hal itu sama sekali ngga jadi masalah dan seneng banget tinggal disana sampe bisa lupa pegang hape 😂
Warga disana ramah2 bgt,dr awal yg kayak mendekatkan diri justru kebanyakan malah mereka duluan, welcome banget pokoknyaa sama anak2 kkn

Setelah kurang lebih 15/16 hari disana,tibalah malam idul fitri..pertama kalinya buatku lebaran gak di rumah, gak sama keluarga dan justru lebaran di tanah orang
Dari 28 anggota kkn,mungkin sekitar 10/11an temen2 (lupa berapa) yg asli Riau pulang ke rumahnya karena mereka  memungkinkan untuk lebaran di rumah. Sisanya pun akhirnya menikmati lebaran di Desa Sungai Tohor. Paling inget waktu malem lebaran,waktu itu kami sholat isya jamaah di rumah di imamin salah satu temen kami namanya Abi,selesai sholat Abi takbir..dan suaranya emang bagus banget sampe bikin bbrp orang nangis termasuk aku haha,dan langsung ak masuk kamar karena malu kalo nangis diluar wkwk. Mungkin pada nangis karena gakbisa lebaran di rumah dan pastinya karena momennya pas mengharukan aja secara malem lebaran gitu 😁

Sehari sebelum idul fitri,emang di pondokan cewe udah sengaja nampung air dan hemat air biar pagi2nya sebelum sholat ied semuanya bisa mandi. (secara sering bgt kita gak mandi gara2 ga ada air wkwk). Dan waktu hari H sejak subuh justru ujan deres banget, sampai yg cewe semua udah selesai mandi dan dandan ujannya belum berenti, akhirnya kita pake payung ke masjid dan jam 7:30an baru mulai sholat ied. Selesai sholat kita kumpul di pondokan cowok dan disitu hampir semuanya udah pada pegang hp masing2 telfon keluarga,ada yg telfon sambil nangis,ada yg telfon sambil nahan mau nangis (mungkin malu wkwk). Setelah pada selesai telfon kita pun maaf2an satu tim. Dan setelah selesai acara kita sendiri,kita pun keliling rumah warga untuk makan #eh untuk maaf2an maksudnya wkwk.

Rumah yg pertama kita datengin tentunya rumah pak Efendi (pak Kades) yg ada di depan pondokan cowo,karena jg emang kita diundang disana untuk makan2. Setelah rumah pak Kades kita pun keliling ke rumah2 lainnya. 2 hari lebaran kita gunain buat keliling rumah2 warga dan sumpah itu bikin kenyang banget karena tiap rumah pasti kita dipaksa buat makan (yaelah dipaksa 😂). Pada baik2 banget warganya,padahal kita berbanyak tapi mereka selalu welcome dengan kita jadi dari satu rumah ke rumah bisa lama banget karena ngobrolnya lama banget.

Abis itu gantian deh anak2 kecil yg pada main ke pondokan, pondokan ga pernah sepi dari anak2 pokoknya wkwk entah mereka cuma duduk, main hp/nonton film dari laptop abang/kakak2nya (yap disana kita yg cowok dipanggil abang dan yg cewek dipanggil kakak) ataupun sekedar ngobrol.

Suasana lebaran pun usai, itu berarti waktunya kita ngelaksanain program. Ada program pribadi maupun bareng2, tiap hari pun kita "sibuk" dengan agenda masing2. Tim kami ada 4 kluster: kluster agro,soshum,saintek,dan medika. Kluster agro lebih ke masalah kehutanan,peternakan,dll yg ada disana. Soshum lebih ke masalah sosialnya, ngadain sosialisasi, kegiatan di sekolah2, lomba2,dll. Saintek lebih ke infrastruktur yg ada di Desa Sungai Tohor itu, misalnya plangisasi, upaya penjernihan air,dll. Sedangkan medika lebih ke masalah kesehatan misalnya kegiatan di puskesmas, sosialisasi, cek kesehatan, dll.
Walaupun terbagi ke beberapa kluster tapi saat menjalankan program kita membutuhkan satu sama lain (ceilah wkwk) kita gakbisa nglakuin sendiri, jadi tetep aja kita bareng2 dan fleksibel aja kalo ada yg lagi free bakalan bantu program temen yg lain.

Dan menurutku pribadi, entah kenapa KKN kita disana emang program2 terus jadi kayak tiap hari kerja..bahkan di akhir2 kayak dikejar deadline 😂 Mungkin karena ada minimal "jam kerja" yg udah ditentuin kampus jadi mau gak mau emang disibukkan dengan program terus. Tapi ya pinter2nya kita sih mau dibawa happy atau justru malah bikin spaneng wkwk.

Beruntungnya tim kami,menurut saya isi2nya orang2 yg enak2 dan bisa bagi waktu. Jadi selain ngejalanin program, kita masih bisa "main2" walaupun sekedar jalan2 keliling desa atau main sama anak2 tapi itu ngebahagiain banget asli wkwkw
Kalo ak sendiri kalo lg selo (tapi selo terus sih aku kayaknya wkwk) sore2 main badminton biasanya cm janjian sm bang pandhu (karna sama2 suka badminton) tapi entah kenapa tiba2 penuh anak kecil disitu, jadi main sama anak2 deh 😂.
Atau sekedar ngobrol sama anak2 minta diajarin bahasa Melayu dan mereka juga minta diajarin basa Jawa wkwk

Salah satu hal paling berkesan dan banyak kenangan emang di pondokan sih..
Untuk kesehariannya di pondokan cewe ada piket bersih2,piket cuci piring,piket masak. Bukan cewek lah ya kalo sama sekali gak ada gosip2an atau sindir2an atau omong2an di belakang. Apalagi terkait piket dan banyak hal lainnya (ya secara cewek2 yg notabene baru kenal bentar dan harus tinggal bareng itu pasti ada aja ceritanya wkwk). Tapi, insyaAllah menurutku pribadi semuanya seru2 aja dan alhamdulillah gak ada masalah sampe kkn selesai. Justru kkn lebih mendekatkan kita satu sama lain dan menyadarkan emang kalau kita harus saling memahami satu sama lain dan juga nyadarin kalau kita tinggal bareng2 n harus mengesampingkan keegoisan kita masing2. Senengnya adalah walau kita disana kayak udah punya temen deket sendiri2 (khususnya yg cewek) tapi kita tetep gak nge gap gitu.
Semuanya tetep membaur satu sama lain dari bangun tidur sampe tidur lagi. Dan yang gak lupa adalah kalo maghrib2 pada pulang abis program, pada antri mandi duduk2 di dapur, ada yg lanjut masak karna piket ada yg duduk sambil ngobrol, ada yg diem aja karna capek, mungkin waktu itu ak ngerasainnya biasa aja tapi sekarang kalo inget kayak..berkesan banget ya ternyata.
Banyak bgt pelajaran yg bisa diambil dan ngelatih kita jadi pribadi yg lebih baik dari setiap kegiatan di kkn bahkan yg kayaknya sepele, contoh kecilnya aja masalah mandi..air yg terbatas ngebuat kita jadi lebih mensyukuri ternyata air itu sangat berarti padahal kita sering banget boros2 di rumah/kos sebelum kkn n air yg terbatas juga membuat kita lebih mikirin orang lain dan gakboleh egois,karena kita mau gak mau harus berhemat biar temen kita juga bisa mandi pake air itu.

Hari2 disana gak pernah lepas dari keramahan warga Desa Sungai Tohor, mulai dari ke-excited-an mereka ikut tiap acara yg kami buat,bantu apapun yg kami butuhkan, bukan hanya bantu bahkan kayak mereka jadi tim kkn saking bantunya banyak bangetttt.
Mayoritas bapak2/ibuk2 disana suka ngobrol jadi justru lebih kelihatan mereka yg semangat waktu komunikasi. Sedangkan anak2 kecilnya juga..aaaaah sulit pake kalimat menggambarkan mereka. Hampir semua temen2 kkn pasti punya anak2 kecil yg deket sama mereka. Dan banyak anak2 kecil yg emang deket lebih dari satu abang2/kakak2 kkn. Gak cuma anak2 kecil sih,tp remaja, sampe bapak2/ibuk2 punya crita sendiri2. Yendra, adan, ju, abel, eca, wahyu, bismi, ipan, iroh, lia, selfi, reza, fitri, indah ahmed, mamad, ikhsan, fuat, pak kades, bu kades, bu siti sd, bu wati, kak rini, bu iyun, bg je,bg up, bg rival adalah beberapa nama2 yg kuingat dan punya kesan tersendiri buatku selama kkn dan ada yg emang deket bangett😂

Jadi kkn buatku disamping banyak kenangan, juga menemukan "keluarga" baru wkwk. Baik dari tim kita sendiri ataupun dari warga di Desa Sungai Tohor.

Setelah sebulan kita disana, juga ada temen seperjuangan dari univ lain (Universitas Riau) yg juga kkn di Desa tempat kami kkn. Bukannya ngerasa "saingan" tapi kita sama2 welcome satu sama lain dan malah jadi temen. Mereka cuma ber9 kalo gak salah, yg kuinget karna sering liat,papasan atau ngobrol itu si helly kitty, oca, hafiz, yesi, haris,mogen,zul. Dan seneng aja dapet temen dari univ lain yg sama2 "penderitaan" nya wkwk. Waktu belum terlalu betah di Tohor aku kayak yg mikir "wkwk kasian bgt tu mereka masih lama disini, sedangkan kita udah sebulan berarti tinggal sebulan lagi pulang dan mereka masih panjang perjuangannya disini-palingan mereka gak bakal betah" ...pikirku waktu itu.
Dan ternyata aku salah banget,akhir2 malah aku betah banget di Tohor semuanya sudah teradaptasi dengan baik (yaelah wkwk), ngga aku aja sih hampir semua temen2 kkn kuyakin juga ngerasa sama di akhir2, ngerasa udah betah dan makanya waktu jadi kerasa cepet banget.

Entah mulai hari keberapa aku udah gak pernah lagi ngitung hari kepulangan, waktu di awal2 sampe ada temen (firda apa ya kalo gak salah) yg nulis di papan tulis yg ada di ruang tamu setiap pagi  "H-berapa" kita selesai kkn. Dan emang stelah kita udah nyaman dengan kondisi disana, hampir semua jadi udah betah dan enak aja gitu disana. Kalo aku sendiri sampe hp aja kdg2 kutinggal di kamar, sampe lupa bales chat/sms doi (eh,keluarga maksudnya) wkwk, ngga ding lebay..ya emang karna mungkin dr pertengahan sampe akhir disibukkan dgn banyak kegiatan dan menikmati kkn haha

Dan emang bener kalo kita udah seneng/bahagia tu waktu bakalan kerasa cepet banget....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Akuntansi Sektor Publik?Akuntansi Pemerintahan?

Sistem Penganggaran yang diterapkan di Indonesia